Sweet Baby Inc: Mengubah Industri Game dengan Kontroversi - Can't Pause for Gaming

Home Top Ad

Responsive Ads Here

13 September 2024

Sweet Baby Inc: Mengubah Industri Game dengan Kontroversi



Industri video game terus berkembang dari waktu ke waktu dengan dinamika yang penuh inovasi, namun juga sering menghadapi berbagai perdebatan di dalamnya. Salah satu perusahaan yang berada di tengah pusaran ini adalah Sweet Baby Inc. yang merupakan sebuah studio yang mungkin belum dikenal oleh banyak orang, tetapi ia memainkan peran penting dalam beberapa project besar di dunia game.

Didirikan dengan tujuan untuk memperkaya narasi dalam video game melalui pendekatan yang lebih inklusif dan beragam, Sweet Baby Inc. telah bekerja sama dengan berbagai studio besar untuk menghadirkan cerita yang lebih dalam dan empatik.
 
Inklusif sendiri artinya adalah sifat atau keadaan yang terbuka dan menerima semua orang, tanpa memandang perbedaan seperti ras, gender, agama, usia, atau kemampuan fisik. Ini berarti semua orang merasa dihargai, diterima, dan memiliki kesempatan yang sama..

Namun, di balik kontribusi mereka yang signifikan, perusahaan ini juga tidak luput dari kontroversi. Beberapa kalangan gamer menuduh mereka membawa pengaruh yang dianggap tidak sejalan dengan esensi video game. Meskipun demikian, banyak pihak di industri game yang memandang Sweet Baby Inc. sebagai inovator yang membawa perubahan positif dalam cara menyajikan cerita yang disampaikan di dalam game modern saat ini.

Sebagai informasi tambahan, Sweet Baby Inc. didirikan pada tahun 2018 di Montreal, Kanada. Perusahaan ini memiliki misi untuk menghadirkan cerita yang lebih empatik, diversifikasi, dan memperkaya industri video game melalui keterlibatan dengan berbagai macam komunitas.

Peran Sweet Baby Inc. di dalam industri game.

Sweet Baby Inc. dikenal bekerja di balik layar dengan memberikan layanan konsultasi pada narasi game. Studio ini terlibat dalam berbagai project besar, termasuk God of War: Ragnarok, Marvel's Spider-Man 2, Assassin's Creed Valhalla, hingga Alan Wake 2. Mereka membantu menyempurnakan karakter, jalan cerita, hingga memberikan masukan mengenai representasi yang tepat bagi kelompok-kelompok yang sering kali "terpinggirkan".

Mereka menyediakan layanan di berbagai tahapan pengembangan game, mulai dari terlibat sejak awal pengembangan narasi, atau saat tim pengembang sudah memiliki konsep dasar namun membutuhkan penyempurnaan lebih lanjut. Fokus utama mereka adalah memberikan perspektif yang lebih inklusif terhadap bagaimana karakter atau dunia game dibangun, terutama dalam hal representasi gender, etnis, dan kelompok-kelompok "minoritas" lainnya.
 

Keterlibatan dalam project besar.

Sejak berdiri, Sweet Baby Inc. telah bekerja sama dengan banyak studio besar seperti Ubisoft, Imsoniac Games, Remedy Entertainment, hingga ke Warner Bros. Salah satu project mereka yang terkenal adalah memberikan masukan untuk game God of War: Ragnarok, di mana mereka membantu dengan konsultasi naratif dan representasi karakter. Selain itu, mereka juga terlibat dalam Marvel's Spider-Man 2 untuk memastikan cerita yang lebih kaya dan inklusif.

Sweet Baby Inc. juga terlibat dalam game indie seperti Sable, di mana mereka membantu dalam pengembangan karakter dan cerita yang lebih mendalam. Perusahaan ini terus berusaha untuk memperkaya pengalaman bermain dengan membantuk menciptakan game yang lebih bermakna secara naratif.

Kontroversi di kalangan gamer.

Meskipun Sweet Baby Inc. telah berkontribusi dalam banyak project game besar, perusahaan ini juga menghadapi kontroversi yang cukup signifikan dari beberapa kalangan gamer. Beberapa kelompok menuduh Sweet Baby Inc. sebagai "woke" atau terlalu fokus pada keberagaman dan inklisivitas yang dianggap oleh sebagian gamer sebagai faktor yang merusak game. Istilah "woke" digunakan secara negatif oleh beberapa pihak untuk merujuk pada usaha-usaha yang dianggap terlalu politis dalam mendorong representasi kelompok minoritas dalam media, termasuk video game.
 
Woke sendiri adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sebuah gerakan sosial dan politik yang berfokus pada mempromosikan kesadaran isu-isu keadilan sosail, terutama yang berkaitan dengan ras, gender, dan seksualitas. Hal ini dikaitkan dengan keinginan untuk menantang ketidasetaraan sitemik dan mempromosikan kesetaraan serta iklusivitas.

Kritik terhadap Sweet Baby Inc. sering kali datang dari kelompok gamer yang merasa bahwa usaha perusahaan ini untuk menambah keberagaman dapat mengubah esensi dari game-game yang mereka sukai. Salah satu contoh kontroversi terbesar adalah keterlibatan mereka dalam game Suicide Squad: Kill the Justice League. Beberapa gamer menyalahkan Sweet Baby Inc. atas kegagalan komersial game tersebut, meskipun peran mereka hanya sebatas konsultasi naratif dan representasi karakter, dan mereka tidak terlibat dalam aspek gameplay atau model bisnis game tersebut.

Kritik ini juga berkembang di platform-platform media sosial, seperti Reddit, di mana beberapa gamer menuduh perusahaan tersebut "memaksakan" karakter-karakter yang lebih beragam dalam game. Namun, penting untuk dicatat bahwa peran Sweet Baby Inc. dalam pengembangan game adalah konsultatif. Mereka memberikan masukan, tetapi keputusan akhir mengenai cerita, gameplay, dan karakter tetap berada di tangan developer.
 
Orang-orang yang menganut diversity seperti orang-orang di dalam Sweet Baby Inc. dan kreator sekaligus aktivis, mereka sepakat kalau desain-desain karakter di dalam game harus sesuai dengan realistis. Mereka menganggap kalau desain yang terlalu "cantik" dan terlalu sexy itu tidak realistis, makanya beberapa desain dari mereka kurang enak dipandang, bahkan sama sekali tidak enak dipandang. Para gamer dipaksa untuk menikmati desain karakter yang gamer tidak suka, seperti desain karakter pada game Concord yang sangat aneh.

Awal mula kerusuhan terjadi ketika salah satu staff Sweet Baby Inc. menemukan grup Sweet Baby Inc. Detected di Steam dan menyuruh orang-orang untuk melakukan report, yang mana saat itu grup masih terdiri dari segelintir orang yang membuat list game-game yang memakai jasa Sweet Baby Inc. Tweet dari @itskindred sudah dihapus.

Sebuah clip video yang mana Co-Founder Sweet Baby Inc. mengatakan bahwa apabila developer merasa bermasalah dengan diversity maka takutkan mereka. Ini semakin memacu polemik yang terjadi di kalangan gamer. (sumber X: @GamesNosh)
 
Isu diversity yang sering dibicarakan gamer tentang Sweet Baby Inc. akhirnya merambat ke berbagi jurnalis media game, salah satunya game Final Fantasy XVI yang dikritik jelek karena tidak ada keberagaman karakter. (sumber: The Verge)

Gamer juga mengomentari masalah homoseksual di game Marvel's Spider-Man 2 yang membuat jijik dan Sweet Baby Inc. juga mengomentari game Stellar Blade yang mengandung sexism dan tidak realistis.
 
Desain karakter di game Concord dianggap realistis dengan kehidupan nyata, tidak terlalu berlebihan dan dianggap mengaplikasikan diversity yang harus dibawa ke game modern.
 
 
Pandangan terhadap kontroversi.

Meskipun kontroversi ini terus berkembang, beberapa pihak dalam industri video game menyatakan bahwa keterlibatan Sweet Baby Inc. adalah hal yang wajar dan justru diperlukan. Sebagai sebuah perusahaan yang fokus pada representasi inklusif, Sweet Baby Inc. dianggap membantu memperluas cakrawala naratif dalam industri yang selama bertahun-tahun didominasi oleh perspektif homogen. Mereka juga menjadi pelopor dalam menghadirkan perubahan positif bagi industri, terutama dengan membuka jalan bagi representasi yang lebih luas.

Di sisi lain, Sweet Baby Inc. juga telah menjadi target kampanye kebencian dan serangan online dari beberapa kelompok yang menganggap bahwa mereka membawa pengaruh negatif pada industri video game. Perusahaan ini dilaporkan menjadi target dari serangan terorganisir yang mencoba untuk menciptakan daftar game-game yang terlibat dengan mereka sebagai bentuk boikot.

Namun, meskipun menghadapi serangan tersebut, Sweet Baby Inc. tetap fokus pada tujuan mereka menciptakan cerita yang lebih baik dan mendalam (menurut mereka). Mereka percaya bahwa keragaman dalam cerita dan karakter adalah hal yang esensial untuk industri game yang semakin maju.

Kesimpulan

Sweet Baby Inc. adalah contoh dari perusahaan yang berusaha untuk membawa perubahan positif dalam industri video game melalui narasi yang lebih inklusif dan representatif. Meskipun mereka menghadapi kritik dan kontroversi, perusahaan ini tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan developer dalam menciptakan cerita yang lebih baik, dengan menghormati berbagai macam pengalaman manusia. Pada akhirnya, kontribusi mereka dalam industri ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman bermain game dengan memberikan lebih banyak representasi dan perspektif.

Kontroversi di kalangan gamer mungkin tidak akan hilang dalam waktu dekat, namun dampak positif yang ditawarkan Sweet Baby Inc. dalam menciptakan narasi yang lebih beragam terus diakui oleh banyak pihak dalam industri game.

Apakah kamu pro terhadap Sweet Baby Inc. atau kontra?

No comments:

Post a Comment